Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Sebagai Bahan Aja Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Authors

  • Albertus Sinaga Universitas Jambi
  • Hilman Yusra Universitas Jambi

Abstract

 

Minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di perguruan  tinggi  sehingga  perlu  adanya alternatif pengembangan. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan produk video berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning sebagai pengembangan bahan ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efektivitas video berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning sebagai pengembangan bahan ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di semester empat tahun ajaran 2020/2021. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen untuk mengumpulkan data yakni kuesioner. Teknik yang dilakukan untuk menganalisis data yaitu analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil review bidang pengembangan bahan ajar memperoleh skor 92,67% (berkualifikasi sangat baik), hasil review bidang pembelajaran memperoleh skor 78,54 (berkualifikasi baik), hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 94,74 (berkualifikasi sangat baik), dan hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 91,62%.  Jadi pemanfaatan video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu  media  yang  dikembangkan  dapat  digunakan  dalam  pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman materi Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

Downloads

Published

2022-07-05