Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penggunakan Media Powtoon Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 6 Tanah Sepenggal
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media Powtoon terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII B SMPN 6 Tanah Sepenggal Lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita melalui penggunaan media Powtoon pada siswa kelas VIII B SMPN 6 Tanah Sepenggal. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMPN 6 Tanah Sepenggal terdiri dari 23 siswa (10 laki-laki dan 13 perempuan). Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes unjuk kerja menulis teks berita dan teknik nontes berupa observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi komparatif dimaksudkan untuk membandingkan antara nilai awal dan hasil yang dicapai dengan target. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita mengalami peningkatan. Siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 72 ke atas pada kondisi awal 61,11%, setelah pelaksanaan tindakan siklus I menjadi 72,22%, dan pada pelaksanaan tindakan siklus II menjadi 85,46%.