Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pelepat Ilir Kabupaten Muara Bungo

Authors

  • Oki Surhadi Universitas Jambi

Abstract

 

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemampuan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pelepat Ilir Kabupaten Muara Bungo tergolong rendah masih yang berada pada kisaran KKM, buku dongeng kurang lengkap, dan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum mampu meningkatkan nilai siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pelepat Ilir Kabupaten Muara Bungo.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pelepat Ilir Kabupaten Muara Bungo, sebanyak 50 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah media komik sebagai variabel bebas dan menuliskan kembali dongeng sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil skor tes unjuk kerja menulis dongeng siswa kelas VIISMP Negeri 5 Pelepat Ilir sebelum dan sesudah penggunaan media komik. Hasil Penelitian meliputi; pertama, keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pelepat Ilir sebelum (pretest) menggunakan media komik memperoleh nilai rata-rata 59,11 berada pada rentang 56-65% dengan kualifikasi cukup. Kedua, keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pelepat Ilir sesudah (postest) menggunakan media komik memperoleh nilai rata-rata 84,22 berada pada rentang 76-85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pelepat Ilir terbukti signifikan. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% dan dk=n-1 karena > (1,76>1,68), maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis kembali dongeng.

 

Downloads

Published

2022-07-05