Implementasi Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) Dalam Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berorientasi Meningkatkan Keterampilan Berpir Kritis (Critical Thinking Skils)
Abstract
Perencanaan pembelajaran dialami oleh guru bahasa Indonesia di sekolah perlu mendapat perhatian, khususnya inovasi pembelajaran (Teaching Grant) berbasis proyek Proyek Based Learning (PjBL) dalam bentuk Case Method. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impementasi pembelajaran cased method dalam merancang RPP berorientasi meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksananan pembelajaran pemecahan kasus (case method) dalam mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills) dan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Perencanan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unja.