Multimedia 3D Flipbook Sebuah Inovasi Dalam Pembelajaran Virtual Visualisasi Puisi
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan multimedia 3D Flipbook dalam pembelajaran virtual visualisasi puisi. Metode penelitiannya secara deskriptif prosedural, yakni menggunakan konsep penelitian pengembangan model ADDIE. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket tertutup. Responden berjumlah 30 orang. Mereka adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Hasilnya, responden menilai multimedia 3D Flipbook sebuah media yang baru, yang inovatif, menarik, dan menyenangkan untuk pembelajaran virtual visualisasi puisi serta perlu dikembangkan untuk pembelajaran mata kuliah lain. Nilai rata-rata yang diperoleh dari uji coba multimedia 3D Flipbook ini adalah aspek tampilan media nilai rata-ratanya sebesar 4,20 (kategori ayak); aspek materi nilai rata-ratanya sebesar 4,50 (kategori sangat layak); dan aspek pembelajaran nilai rata-ratanya sebesar 4,50 (kategori sangat layak). Rata-rata ketiga aspek memperoleh nilai sebesar 4,40 (kategori sangat layak). Mereka merasa tertantang untuk belajar secara mandiri dan lebih fokus dalam pembelajaran. Mereka juga menyatakan multimedia 3D Flipbook merupakan sebuah inovasi dalam pembelajaran dan berorientasi kepada pembelajar atau student centre learning.